Breaking News

Pinjaman Berjenjang BRI Bikin Usaha Kulit Lantung Menjulang

Riadi perajin souvenir berbahan kulit lantung kini bisa lega dengan bantuan modal usaha berjenjang membuat usahanya menjulang.(Foto:Damar/Realitapost.com)

BENGKULU, REALITAPOST.COM --
Step By Step atau bertahap itulah istilah yang barangkali diterapkan pihak perbankan khususnya Bank BRI dalam penyaluran pinjaman lunak kepada para nasabah yang notabene pelaku usaha atau UMKM.

Bagaimana tidak, dengan sistem pinjaman modal usaha yang diberikan Riadi salah satu perajin souvenir kulit lantung ternama di Kota bengkulu, membuat siklus usaha yang dirintisnya dari modal kecil kini sukses menjulang. 

Kepada wartawan dia mulai berbagi kisah tentang perjalanan sistem pinjaman modal usaha yang dikucurkan BRI kepadanya. Senin (22/5/2023). 

Owner Indah Sari Craft ini mendapatkan suntikan modal awal usaha dari BRI SIMPEDES sebesar Rp 3 juta tahun 2004 dengan besar angsuran kala itu Rp 800 ribuan. Dua tahun berikutnya naik lagi menjadi Rp 5 juta dengan masa angsuran selama 2 tahun sebesar Rp 1 jutaan lebih.

"Alhamdulillah angsuran kami lancar dan kembali mendapat tawaran pinjaman modal usaha naik menjadi Rp 10 juta sekitar tahun 2008 dan langsung memberanikan diri sewa toko diseputaran Anggut dekat Simpagn Lima Kota Bengkulu. Lalu tahun 2012 kembali mengajukan pinjaman Rp 20 juta dan nembah jumlah tokoh menjadi dua tempat," ujarnya.

Tepat tahun 2012 dia pun kembali mendapatkan tawaran pinjaman modal usaha sebesar Rp 25 juta sebanyak 2 kali peminjaman. Kemudian pada tahun 2021 naik lagi jumlah pinjaman Rp 50 juta hingga kini sudah diangka Rp 75 juta pinjaman modal usaha yang dia terima dari BRI.

"Sebenarnya perjalanan kisah pinjaman modal usaha yang saya dapatkan dari BRI secara bertahap membuat saya tidak gegabah dalam mengatur siklus keuangan usaha. Apalagi saya sebagai nasabah binaan BRI telah mendapatkan beberap program pelatihan dan produk usaha souvenir saya dipamerkan dalam medsos BRI serta sempat hadir dalam acara live oleh pihak BRI Unit Pagar Dewa Kota Bengkulu," bebernya.

Pada intinya, pesan yang ingin dia sampaikan kepada pelaku usaha pemula yang ingin terjun dalam dunia wirausaha tidak usaha terlalu tinggi ekspektasi dalam berusaha."Kalau pun mau pinjam modal usaha, mulai lah dari yang  modal kecil dengan bunga ringan dan itu ada di BRI," sarannya.(Dian Marfani)

Tidak ada komentar