Breaking News

Bupati RL Imbau Warga Waspada Penyabaran Covid-19

RealitaPost.com, Rejang Lebong - Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi didampingi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong (RL) Menggerakkan seluruh jajarannya dan pihak terkait lainnya, memberikan edukasi terkait pencegahan penyebaran dan penanganan Virus Corona Covid-19, Senin (23/03/2020). Hal ini dilakukan agar mencegah Virus Corona masuk Rejang Lebong.

Dalam imbauannya orang nomor satu Rejang Lebong ini meminta kepada masyarakat untuk tidak banyak melakukan aktivitas diluar rumah demi memutus mata rantai penyebaran virus corona. Selain itu menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan selalu melakukan cuci tangan setelah melakukan aktivitas diluar rumah.
"Jangan panik tapi tetap waspada dan menggunakan masker saat bepergian. Kurangi kegiatan diluar rumah bila tidak begitu penting demi mencegah penyebaran covid-19," seru Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinkes Rejang Lebong, Syamsir SKM, MKM mengucapkan berterimakasih pada organisasi lainnya yang telah memberikan edukasi terkait virus corona kepada masyarakat.

Disampaikan Syamsir, Petugas kesehatan akan bekerjasama dengan perangkat desa/lurah untuk melakukan pemantauan siapapun yang akan bepergaian atau kedatangan tamu dari luar.

“Kita akan terus memberikan edukasi pada masyarakat terkait pencegahan dan penyebaran Virus Corona, melalui elemen kami, hingga tingkat desa.” kata Syamsir.

“Kita sudah menginstruksikan petugas di tiap desa untuk melakukan pemantauan kepada pendatang, sehingga siapa pun yang keluar masuk desa yang pernah ke daerah yang terpapar bisa langsung dilakukan upaya pemantauan dan jika mengelami gejala sakit bisa langsung ditangani petugas Puskesmas dengan berkoordinasi ke Dinas Kesehatan, Rumah Sakit dan PSC. Jika menunjukan gejala maka langsung ditangani oleh satgas anti Covid,” kata Syamsir.

Kepala Dinkes RL ini kembali mengingatkan bahwa pola hidup bersih dan sehat (PHBS) merupakan cara yang sangat mudah untuk mencegah virus corona dan pihaknya akan terus menggalakkan hal ini.

“Dengan mencuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah makan dan juga disetiap kegiatan, serta menghindari kerumunan atau keramaian yang dianggap tidak perlu, insyaallah kita bisa terhindari dari virus ini” Tukas Syamsir.

Kegiatan yang lakukan lebih banyak mengedukasi masyarakat dengan penyebaran pamflet dan pemasangan spanduk seperti di lampu merah Sukowati, Simpang Lebong, Pasar Atas, Pasar Bang Mego, SPBU, dan Pasar De serta pemberian masker bagi petugas kesehatan. Sedangkan penyemprotan disinfektan dilakukan di pasar, masjid, gereja dan fasilitas umum lainnya.(ADV/Beni)

Tidak ada komentar