Breaking News

2 Mahasiswa Pasca IAIN Bengkulu Raih Gelar Doktor

Bengkulu, RealitaPost.com - Program Pascasarjana (IAIN) Bengkulu menyelenggarakan sidang akhir gelar Doktor Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Ruang Sidang Promosi Doktor  IAIN Bengkulu. Dalam sidang perdana promosi Doktor ini diketua oleh Prof. Dr. Rohimin. M.Ag, Penguji 1 Dr. Zulkarnain Dali M.Pd, Penguji 2 Dr. Samsudin M.Pd, Penguji 3 Dr. Al Fauzan M.Ag,  Penguji 4 Prof. Dr. Rahmad Nusa Songko M.Pd, Penguji Eksternal Prof Dr Irwan Abdulah, Promotor Prof. Dr. H. Abdulah Aidi, Co Promotor Dr. Zubaidi M.Ag, M.Pd, Sekertaris Dr Qolby Hairi M.Pd. Jum’at (28/02)

2 Mahasiswa Program Pascasarjana sukses mendapatkan gelar Doktor dengan Hasil Comlude yaitu, Hendi Kariyanto M Pd dengan  Judul Desertasi ” Pengaruh Motivasi Belajar, Kedisiplinan Siswa dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA Negeri 2 Pagar Alam” Hj Asiyah M Pd degan Judul Desertasi “Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Kuliah Alamiah Dasar Terintegrasi Nilai-Nilai Islam di Fakultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu”

Dari sisi lain Prof Sirajuddin menyampaikan, “Kita Akan selalu mendorong para mahasiswa program doktor untuk segera menyelesaikan gelarnya, karena memang kedepan untuk menjadi dosen minimal  berpendidikan bergelar doktor,.

“Tentunya kedepan kita akan Memperkuat posisi IAIN meuju UIN dan akan betul-betul mempersiapkan secara matang, dan dengan menyiapkan program kedokteran yang disipliner sehingga dapat mengaitkan Islam dengan ilmu-ilmu lain, serta untuk dosen-dosen besar kita dapat mendatangkan tim penguji dari Guru-guru Besar dari Universitas Lain, dan untuk fasilitas kita akan utamakan dalam waktu dekat untuk menyiapkan laboratorium serta kebutuhan dalam mendukung program Doktor ini” tambah Prof Dr Sirajudin M Ag, M Pd.

Sebelumnya telah dilakukan Beberapa tahap pada bulan-bulan sebelumnya  dan ini adalah tahap terakhir setelah melewati serangkaian Ujian Proposal, ujian terbuka, ujian tertutup, ujian hasil. Penelitian ini menganalisis mengenai Proses belajar yang mengintegrasikan nilai-nilai keislaman, bertujuan agar mahasiswa dapat memahami bahwa ilmu pengetahuan, bersumber pada Al Qur’an, nilai-nilai keislaman didalam proses belajar yaitu aspek dari keimanan, ketaqwaan, akhlak mulia, cerdas dan mandiri.Sebagi Mahasiswa yang baru saja lulus sebagi bergelar Doktor Hj Asiyah M Pd, menyampaikan rasa syukur atas gelar yang telah berhasil didapatkan.

“Alhamdulillah, setelah mengikuti prosesnya kurang lebih 2,5 tahun, disemester 5 ini, saya sagat bersyukur dan banyak mengucap terimkasih kepada keluarga, rekan-rekan yang sudah mendukung, mendokan saya, semoga kedepan, hasil dari penelitian ini bisa di eksplementasikan dan berguna untuk kita semua," ujar Sirajudin.(Adv)

Tidak ada komentar