Breaking News

Warita Tawarkan Solusi Bagi Peserta Tak Lulus CPNS


REALITAPOST.COM - Puluhan ribu atau bahkan jutaan masyarakat Indonesia saat ini tengah bertarung mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Sedangkan peserta yang diterima sesuai dengan kuota yang diterima Badan Kepegawaian Nasional (BKN) hanya beberapa persen. Artinya masih ada jutaan peserta yang bakal tereliminasi dari seleksi tersebut. 

Lantas setelah gagal mengikuti program tersebut langkah untuk meraih sebuah kesuksesan akan berakhir???. Tentu CPNS bukan sesuatu harga mati dalam meniti karir karena masih banyak peluang yang jauh lebih besar dan cepat prosesnya bila ditekuni dengan bijak. 

Salah satu bukti nyata ialah yang telah tunjukkan Caleg DPRD Provinsi Bengkulu Dapil Kota Bengkulu, Warita, SE, dari Partai Golkar. Ia berpandangan gagal mengikuti seleksi CPNS bukan sesuatu yang membuat para peserta menjadi putus asa atau bahkan stres. Ingat kegagalan bukan suatu bencana melainkan ada hikmah yang diberikan sang maha pencipta untuk umatnya. Karena sejatinya setiap manusia yang hidup dimuka bumi telah diberikan perannya masing-masing.

Untuk itu, ketika gagal dalam menjalani sebuah proses maka harus terus berusaha dengan jalan-jalan lainnya. Salah satu contoh memulai berwirausaha. Saat ini tidaklah sulit menjadi pengusaha meski pada titik awal harus dimulai dari hal terkecil alias pengusaha kecil-kecilan. Apalagi Pemerintah Kota Bengkulu di era Walikota terpilih saat ini telah melanjutkan program SAMISAKE (Satu Milyar Satu Kelurahan) untuk para pelaku usaha kecil.

Warita mencontohkan dirinya yang dengan kegigihan dan kerja kerasnya merintih sebuah usaha advertising bersama sang suami tentu bukan perkara mudah. Banyak rintangan dan hambatan setiap usaha yang dijalani. Kegagalan demi kegagalan menjadi santapan setiap harinya namun seiring berjalannya waktu dengan semangat yang tinggi akhirnya yang kuasa memberikan jalan dan kini telah membuahkan hasil. 

Artinya, bagi peserta yang gagal mengikuti proses seleksi CPNS, tidaklah salah memilih jalan menjadi pengusaha kecil-kecilan. Ingat menjadi pedagang kecil atau pedagang asongan kecil-kecilan bukan profesi yang hina. Memang tidak dipungkiri rasa gengsi dan minder menjadi pedagang masih menghantui para pemuda kita saat ini. Ingat apapun profesi atau jalan hidup yang ditekuni pasti tidak akan berjalan mulus mencapai kesuksesan. Menjadi PNS pun tidak bisa menjamin kebahagiaan karena bila salah langkah bisa-bisa dipecat langsung oleh atasan. 

"Untuk itu mari mulailah dengan hal-hal yang sederhana. Misal dengan berkonsultasi dengan pak Lurah setempat untuk membahas soal prosedur peminjaman modal usaha melalui program SAMISAKE Walikota. Atau bisa ikuti pelatihan yang ada di Dinas Ketenagakerjaan Provinsi atau di Kota Bengkulu. Agar dengan program pelatihan kewirausahan secara gratis maka akan ada modal skill atau kemampuan terhadap sebuah usaha yang akan ditekuni," saran Warita pemilik MAWARINDO ADVERTISING.(gol)
 

Tidak ada komentar